Wed, 04 Jul 2012 13:48:09 GMT | By Republika

Kantor Telkom Jawa Tengah di Semarang Terbakar

Sedikitnya 600 karyawan dibuat panik.


REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG--Sedikitnya 600 karyawan dibuat panik menyusul terjadinya kebakaran di kantor PT Telkom Regional Jawa Tengah- DIY, Rabu (4/7) sekitar pukul 10.00 WIB. Sumber api berasal dari ruang baterai yang berada di lantai dasar bangunan gedung delapan lantai ini.

Beruntung kebakaran tak sampai melahap seluruh bagian gedung yang berada tepat di depan gedung Dewan Provinsi Jawa Tengah ini. Karena api dapat segera dikuasai dan hanya menghanguskan ruang baterai.

Tak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran ini yang terjadi pada jam kerja ini. Namun kerugian materi yang diakibatkan diperkirakan mencapai Rp 500 juta lebih, setelah ruang baterai berikut isinya ikut terbakar.

Informasi di lokasi kejadian menyebutkan, kebakaran ini bermula saat terjadi pemadaman arus listrik, pada Rabu pagi kemarin. Karena pemadaman ini, maka kebutuhan daya listrik di kantor PT Telkom ini otomatis beralih ke listrik cadangan dari bank baterai.

"Untuk mengoperasikan perangkat kelistrikan di dalam gedung, selanjutnya menggunakan cadangan listrik yang dikendalikan dari dalam ruang baterai ini," ungkap Manajer Komunikasi PT telkom Regional Jawa Tengah - DIY, Widiyoko kepada wartawan.

Namun saat aliran listrik PLN kembali menyala dan kebutuhan daya listrik kembali mengalami transisi dari baterai cadangan ke listrik PLN. Beberapa saat setelah transisi listrik ini, tiba- tiba saja terdengar sedikitnya tiga kali ledakan yang berasal dari ruang penyimpanan baterai.

Tak lama kemudian asap tebal mengepul dari dalam ruangan baterai tersebut."Kami menduga, saat terjadi transisi daya listrik ini arus listrik tidak stabil dan akhirnya menimbulkan ledakan tersebut," jelasnya.

Setelah asap hitam pekat terlihat kian pekat, sejumlah karyawan yang beraktivitas di sekitar lokasi kebakaran segera menyelamatkan diri. Tak lama kemudian alarm tanda bahaya kebakaran di gedung ini segera berbunyi.

Tiga unit mobil Pemadam Kebakaran Pemkot Semarang yang datang ke lokasi kejadian berhasil menguasai api yang tak sempat berkobar. "Hingga kurang dari satu jam kebakaran ini dapat diatasi," kata Widiyoko.

Redaktur: M Irwan Ariefyanto

Reporter: bowo pribadi

0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 75 %
    Yakin
    5.104 respon
  2.  
    18 %
    Tidak yakin
    1.233 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    451 respon

Total Respon: 6.788
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

video berita

berita nasional

  • Hore! Gaji PNS, TNI & Polri Tahun Depan Naik 6%

    Pemerintah akan menaikkan gaji pokok pegawai negeri sipil (PNS), TNI dan Polri sebesar 6% pada tahun depan. Sementara gaji pensiun pokok pensiun pokok naik 4% untuk mengantisipasi laju inflasi.Hal ini disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dal...

  • Pemerintah Fokus Bangun Konektivitas Jalan di 2014

    Pemerintah memfokuskan pembangunan infrastruktur di 2014 pada pembangunan konektivitas nasional melalui pembangunan jalan. Hal ini dilakukan melalui dua kementerian, yakni Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)."Kita menyad...

  • Musim Depan, Bradl dan LCR Honda Tak Akan Bercerai

    Kabar soal berakhirnya kontrak Stefan Bradl dengan tim LCR Honda pada musim depan akhirnya terbantahkan. Lewat pernyataan yang disampaikan secara langsung, Bradl menjelaskan dirinya masih senang bekerja sama dengan pabrikan motor yang bermarkas di Mo...

  • Microsoft Tuduh Google Sengaja Blokir YouTube di Windows Phone

    Microsoft mengklaim Google sengaja memblokir aplikasi YouTube dari Windows Phone Store. Hal itu disampaikan Corporate Vice President and Deputy General Counsel for Litigation and Antitrust Microsoft, David Howard dalam postingan blognya.Howard `menud...

  • Bila Della Caroline Dibunuh, Pengacara Takut Pelaku Menghilang

    Rusdianto, pengacara keluarga Della Caroline-mantan model majalah dewasa yang meninggal belum lama ini-menilai polisi lamban menangani kasus kematian tersebut. Pasalnya, hingga saat ini, keluarga belum melihat hasil otopsi Della.Dengan begitu, menuru...

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft