Wed, 18 Jan 2012 20:50:55 GMT | By MULA-ANTARA

Menteri Perindustrian Canangkan 2012 sebagai Tahun Petrokimia

Serang (ANTARA) - Menteri Perindustrian MS Hidayat mencanangkan 2012 sebagai Tahun Petrokimia karena pada tahun ini akan dibangun sejumlah lokasi pusat pengembangan industri petrokimia atau `Centre of Excellence` Petrokimia, salah satunya di Banten.


Menteri Perindustrian Canangkan 2012 sebagai Tahun Petrokimia

Serang (ANTARA) - Menteri Perindustrian MS Hidayat mencanangkan 2012 sebagai Tahun Petrokimia karena pada tahun ini akan dibangun sejumlah lokasi pusat pengembangan industri petrokimia atau `Centre of Excellence` Petrokimia, salah satunya di Banten.

"Ada kebijakan dari Kementerian Perindustrian bahwa tahun ini dicanangkan sebagai Tahun Petrokimia dengan dibangunnya `Centre of Excelence` di tiga atau empat daerah," kata MS Hidayat usai peletakan batu pertama pusat pengembangan industri petrokimia nasional di Kota Serang Banten, Rabu.

Ia mengatakan, industri kimia merupakan salah satu bagian yang sangat penting karena petrokimia merupakan industri yang memiliki nilai tambah. Oleh karena itu, mulai 2012 akan dibangun pusat pengembangan industri kimia, salah satunya dimulai di Banten karena industri kimia di Banten tumbuh dengan baik.

"Hari ini juga saya meresmikan pengembangan dari PT Chandra Asri di Cilegon, sekaligus sebagai simbol dimulainya pencanangan tahun petrokimia," kata MS Hidayat.

Menurut Hidayat, dengan dicanangkannya tahun petrokimia, maka mulai 2012 jika industri kimia hulu dan hilir dikembangkan, akan menjadi substitusi dan tidak lagi tergantung dari impor.

"Selama ini kita juga masih ada barang-barang kimia yang mengandalkan dari impor," katanya.

Menurut menteri, dengan dibangunnya pusat pengembangan industri petrokimia di Banten, juga karena akan ada perusahaan kimia besar dari Korea Selatan yang akan menanamkan investasinya di Indonesia.



Pusat Pengembangan Industri Petrokimia Nasional atau Centre Of Excellence Industri Petrokimia Nasional dibangun di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Kota Serang.

Peletakan batu pertama Centre Of Excellence (CoE) Industri Petrokimia Nasional dilakukan Menteri Perindustrian RI MS. Hidayat didampingi Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah di Serang.

MS Hidayat mengatakan, pusat pengembangan industri petrokimia nasional tersebut berfungsi sebagai pusat kegiatan pengembangan klaster industri petrokimia terpadu.

Sementara itu Dirjen Industri Manufaktur Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto mengatakan, CoE industri Petrokimia Nasional adalah pengembangan teknologi proses dan produk, standarisasi produk dan proses, strategi investasi, pemasaran dan informasi, sistem logistik dan menjadi program pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) industri Petrokimia.

Pusat pengembangan industri petrokimia nasional yang dibangun di Banten tersebut, dibangun di atas lahan 3.800 meter persegi, dengan lima lantai dalam dua tahap pembangunan hingga 2013.

"Banten sebagai percontohan, rencananya nanti juga akan dibangun di Jawa Timur dan Kalimantan Timur," kata Panggah Susanto.

Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah menyambut baik pembangunan "Centre Of Excellence" industri petrokimia tersebut. Untuk itu, Pemprov Banten membantu dengan menyediakan lahan seluas 3.800 M2 yang berada di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten di Kota Serang.

"Kami berharap dengan dibangunnya pusat kajian industri petrokimia nasional ini, akan dapat meningkatkan industri kimia di Banten yang memiliki daya saing global," kata Ratu Atut Chosiyah.

Ia mengatakan, Banten memiliki 19 kawasan Industri, termasuk diantaranya 1.652 industri kimia skala besar, menengah dan skala kecil.



0Komentar

poling berita

Yakinkah Anda, politik uang pada Pilpres 2014 kali ini makin marak?

Thanks for being one of the first people to vote. Results will be available soon. Check for results

  1. 76 %
    Yakin
    4.323 respon
  2.  
    17 %
    Tidak yakin
    978 respon
  3.  
    7 %
    Tidak tahu
    370 respon

Total Respon: 5.671
Hasil ini tidak ilmiah. Hasil akan diperbarui tiap menit

berita nasional

PlasaMSN adalah kemitraan antara Telkom dan Microsoft