Penggemar Super Junior Memang Layak Bangga Jadi ELF

ELF alias Ever Lasting Friends, sebutan bagi para penggemar Super Junior. Kata everlasting friends yang berarti teman selamanya menunjukkan kedekatan grup Suju dengan para penggemarnya.

Ada banyak alasan mengapa penggemar musik menjadi ELF, alias penggemar Super Junior.

Tidak berlebihan jika menyebut Super Junior adalah boyband paling terkenal dan berpengaruh di seluruh dunia saat ini. Kalau dulu, rasanya susah mengalahkan popularitas boyband Barat, entah dari Amerika Serikat atau Eropa.

New Kids On The Block, Backstreet Boys, Boyzone, dan Nsync pernah berjaya pada masanya. Ketika boyband Asia (baca: Taiwan) booming di awal 2000-an, efeknya “hanya” terasa di Asia Timur dan Asia Tenggara. Di Indonesia, boyband Taiwan macam F4 dan 5566 masih harus bersaing dengan boyband Eropa macam Westlife dan Blue yang kala itu cukup populer di sini.

Sementara Super Junior, popularitasnya tak hanya di seputaran Asia, tapi sudah sampai lintas benua. TV Azteca Meksiko dan BBC Inggris menjuluki Super Junior sebagai ikon demam Hallyu.

Sebuah majalah di Peru memasukkan personel Super Junior ke daftar The Sexiest Men in the World tahun 2010. Penggemar hiburan Korea di Brasil memilih Super Junior sebagai artis Korea yang paling diharapkan datang ke negaranya.

Bicara soal penghargaan, wah, rasanya tak ada habisnya membahas prestasi yang sudah diraih Leeteuk dkk ini.

Wajar jika Super Junior memiliki banyak fans fanatik dan setia, yang disebut ELF. ELF hafal kebiasaan dan biodata masing-masing personel, bahkan sampai kebiasaan unik mereka. ELF juga rela membela mati-matian idolanya.

Belum lama ini Siwon menggunggah foto di Twitternya sedang akrab dengan Kyuhyun. Netizen yang bukan ELF, atau bukan fans artis Korea, menganggap kemesraan 2 laki-laki ini berlebihan. Namun ELF menganggap hal itu wajar, menunjukkan kekompakan antar-personel. Coba kalau itu bukan personel Super Junior, wah, bisa-bisa dikira penyuka sesama jenis.

Akhir tahun 2011 lalu, ELF, khususnya yang tinggal di Korea, sempat ngamuk pada SM Entertainment, agensi Super Junior, dan menjadi pemberitaan.

Penyebabnya, ELF tidak mendapat pemberitahuan dari SM Entertainment bahwa Super Junior taping acara SBS Gayo Daejun yang tayang 29 Desember silam. Akibatnya, ketika syuting tak seorang pun ELF terlihat memberi support pada Super Junior yang sedang beraksi.

Kejadian ini membuat personel Super Junior kecewa dan curhat di Twitter. Leeteuk bahkan minta maaf atas nama agensinya pada ELF. Meski begitu, sempat ada isu bahwa pihak SBS yang terlalu mepet memberikan jadwal pada SM Entertainment, sehingga mereka tak sempat memberi info pada ELF.

Selain kuat di Korea, ELF juga eksis di China, Taiwan, Jepang, Thailand, Filipina, Vietnam, Malaysia, Singapura, Indonesia, bahkan hingga ke Arab Saudi. Selain sama-sama suka Super Junior, ELF memiliki warna biru safir yang menjadi simbol identitas mereka. Makanya, di konser-konser Super Junior, pasti mayoritas penontonnya memakai kaos biru dan membawa lampu tongkat berwarna senada.

ELF Indonesia tak kalah dengan ELF di negara lain. Mereka berbondong-bondong menghadiri konser Super Junior di luar negeri. Salat satu contoh, kelompok Indonesian ELF Project membuat kaus seragam ELF Indonesia, banner bertuliskan “Indonesia Love Super Junior”, juga medali berlapis emas asli yang dibagikan untuk setiap personel Suju saat menonton Super Show 3 di Singapura, Januari 2011.

ELF biasanya tak hanya menonton konser. Tapi juga mengikuti jejak sang idola. Mereka rela berjam-jam menunggu di bandara untuk menyambut kedatangan sang idola, atau bahkan menginap di hotel yang sama demi bisa melihat langsung sosok idola.

Rela merogoh kocek untuk nonton konser di luar negeri, tentu ELF Indonesia tak segan untuk membeli album dan merchandise yang berbau Super Junior. Pantang bagi ELF untuk membeli CD atau DVD bajakan, harus yang original meski harganya mahal.

GoodWill dari GoodWill & MGI, musisi yang mengaku pernah menulis lagu untuk Justin Bieber, Akon, Sean Kingston, 50 Cent, Pitbull, Kat De Luna, Twista, Jadakiss, dan Super Junior, pernah menciptakan lagu berjudul E.L.F Song yang sudah banyak dihafal ELF. Super Junior sendiri punya lagu Song For ELF yang dipersembahkan bagi penggemarnya.

Ah, rasanya tidak semua fanbase memiliki pengaruh sedahsyat ini. Penggemar Super Junior memang layak bangga menjadi ELF. Bagaimana dengan kamu, apa yang membuat kamu bangga menjadi ELF?

(ray/gur)