Kamus Istilah Unik di Balik Syuting Sinetron Stripping

TREN sinetron harian yang melanda industri TV nasional tujuh tahun terakhir, mau tak mau membuat pola kerja kru sinetron berubah.

Ketika sinetron mingguan masih merajai primetime, masa syuting untuk satu episode memerlukan tiga sampai enam hari. Kala itu, artis yang sedang naik daun bisa membintangi dua sinetron secara bersamaan. Jihan Fahira misalnya, terlibat di Tersanjung (Indosiar) dan Tersayang (SCTV) yang tayang di rentang waktu sama dan menganut sistem kejar tayang. Tiga hari dihabiskan Jihan di lokasi Tersanjung, tiga hari di lokasi Tersayang.

Kini, dengan sistem tayang tiap hari dan durasi sampai tiga jam sekali tayang, dalam satu hari kadang pemain dan kru harus menggarap untuk 2-3 episode. Karena itu ada istilah baru, LIVE. Bukan berarti siaran langsung seperti pertandingan sepak bola atau awarding show, namun syuting di hari yang sama untuk tayang malam harinya.

Hal ini amat mungkin terjadi. Terlebih jika rating sinetron turun, dan harus revisi cerita. Bukan skenario yang menunggui pemain, namun pemain yang menunggui skenario selesai. Karena perombakan skenario ini, bisa saja syuting baru selesai pukul 16.00 WIB, lalu sinetronnya tayang pukul 20.00 WIB di hari yang sama. Maka dari itu disebut LIVE.

Ternyata, masih ada banyak istilah unik di balik lokasi syuting sinetron stripping. Christian Sugiono, melalui akun @csugiono, membeberkan istilah syuting yang mungkin banyak tak diketahui orang awam. Berikut beberapa istilah yang dibahas suami Titi Kamal itu. Karena dibahas melalui Twitter, kami memberikan sedikit tambahan penjelasan atau contoh tentang istilah yang dimaksud Tian.

MASTER: shot utama yg cover seluruh adegan dgn semua elemennya dr awal - akhir. "Ambil scene 27 dan 29 master dulu yah!" #IstilahShooting

PADET: tipe shot closeup, ambil frame lebih padat ke muka orang biasanya. "Ayo! Skrg kita ambil padet2nya Tian sama Oma!"

CINCANG: proses memecah shot dari sebuah mastershot menjadi detail2nya "Cut! Ok skrg langsung cincang semua pemain!" #IstilahShooting

Penjelasan: Dalam sebuah adegan, kadang diperlukan banyak pemain. MASTER artinya syuting dengan angle yang memperlihatkan semua pemain dalam satu ruangan. Setelah adegan keroyokan rampung, baru satu persatu karakter yang terlibat disorot alias diCINCANG. Untuk yang kebagian dialog, biasanya akan diPADETin, alias diambil sebatas dada, atau malah sebatas leher.

MANCING: pemain tdk keliatan di frame tapi ikut dialog dgn lawan main yg ada di frame. "Tian bantu pancing Icha yah!" #IstilahShooting

NYOLONG: arah pandang/angle set yg tidak real, tp terlihat real di frame "Set kantor kita colong di kamar aja!" #IstilahShooting

Penjelasan: Karena keterbatasan set dan dikejar waktu, tidak mungkin seluruh adegan diambil di lokasi sebenarnya. Solusinya ya NYOLONG bagian ruangan yang mirip dengan setting yang diperlukan

MAIN AMA TEMBOK: pemain dialog sendirian sama tembok/bayangan. "Tian scn 12 ama tembok dulu sambil nunggu lawan main dtg" #IstilahShootingPenjelasan: Disebut juga pisah frame. Adegannya ngobrol berdua, tapi dua artisnya syuting di waktu dan tempat yang terpisah. Biasanya karena artis sulit menyesuaikan jadwal. Contoh: Lima tahun lalu, Cinta Laura berencana hengkang dari Cinderella karena ingin fokus sekolah. Cinta akhirnya bertahan di sinetron tersebut karena rumah produksi mengizinkan Cinta hanya syuting seminggu empat hari, padahal sinetronnya tayang tujuh kali seminggu. Alhasil, Cinta lebih banyak syuting sendiri alias MAIN SAMA TEMBOK.

PIDATO: dialog sendirian n panjang bgt. "Anjrit, gue ada pidato 3 scene!" #IstilahShootingPenjelasan: Adegan ngomong sendiri. Well, adegan ngomong dalam hati (voice over) saja terlihat aneh. Sekarang malah lebih banyak adegan pemain ngomong sendiri. Konon, produser memang membiarkan atau bahkan meminta ada adegan seperti ini agar penonton sinetron (yang dianggap lebih banyak dari segmen CD) mengerti maksud karakter tersebut.

UGD: Ulang Gaya Duduk: pemain mengulang adegan duduk dlm sebuah shot. "Cut! Oke sekarang UGD terus langsung dialog!" #IstilahShooting

UGM: Ulang Gaya Masuk, artinya pemain mengulang adegan masuk ke ruangan/pintu. "Next shot dimulai dari Tian UGM yah!"

PPD: Planga Plongo Doang, artinya pemain ada di frame tapi gak ada dialog. "Tian di scene berikut cuma PPD aja kok". #IstilahShootingPenjelasan: Biasanya terdapat di sinetron yang memasang banyak artis terkenal. Misal, di sinetron Anugerah. Dibintangi artis terkenal dari peran kakek-nenek, bapak-ibu sampai anak-cucu. Nah, meski yang berkonflik hanya karakter yang dimainkan Nabila Syakieb-Samuel Zylgwyn-Eva Anindita, tapi di adegan tersebut juga diperlihatkan anggota keluarga lain mulai El Manik, Dwi Yan, Dina Lorenza, Dhini Aminarti, Giovanni L. Tobing, Annie Anwar, Sheila Marcia, Jonas Rivanno dll. Lalu ngapain karakter yang tidak kebagian dialog? Ya PLANGA-PLONGO DOANG.

INJURY TIME: wkt krisis menjelang matahari terbenam n cahaya gelap "Ngesetnya cepetan! Udah injury time n scene msh pnjg!" #IstilahShootingPenjelasan: Untuk kesinambungan, adegan siang atau malam tentu harus diperhatikan. Kalau INJURY TIME sudah lewat dan belum selesai, biasanya dipaksakan dengan lampu yang terang benderang untuk meyakinkan penonton seolah syutingnya benar-benar siang hari. Tapi kelihatan lah bedanya.

MOBIL GOYANG: adegan mobil berjalan tapi waktu shooting statis aja krn keterbatasan set. "Tian mobil goyang ama Icha yah!" #IstilahShootingPenjelasan: Adegan ini biasanya diambil close-up. Ada kru di sebelah mobil yang menggoyang-goyang mobil membuatnya seolah benar-benar bergerak. Beberapa PH mengakalinya dengan 'menempelkan' efek pantulan pohon dan tiang listrik di kaca mobil, agar lebih meyakinkan.

MTM: Makan Tengah Malam "MTMnya udah dateng blm nih? Laperrr!" #IstilahShootingPenjelasan: Syuting sinetron harian, bisa sampai subuh, bahkan bisa sampai siang hari berikutnya. Jam makan dan istirahat kru dan pemain pun kacau. Makan pun bisa jam berapa saja, termasuk tengah malam. Mungkin ini ya yang membuat pemain sinetron meski kerjanya luar biasa capek tapi malah terlihat lebih gemuk.

BUNGKUS: judul yang udah tamat dan stop tayang. "Mudah2an #YMYB nggak bungkus2 yah! Mana Aminnya????" #IstilahShootingPenjelasan: Bukan nasi bungkus, lho. Kalau di Amerika Serikat, setiap selesai syuting video klip atau film, sutradara selalu berteriak “It's a wrap!”. Kalau di dunia stripping, bungkus artinya ditamatkan. Iya, deh. Moga Yang Muda Yang Bercinta (YMYB) panjang umur.

Terimakasih Christian Sugiono sudah memberikan tambahan ilmu melalui akun Twitternya. Ada lagi istilah unik seputar syuting sinetron yang pembaca ketahui?

(ray/ade)