8 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Dunia

LEMBAGA survey Mercer baru-baru ini mengumumkan daftar kota-kota dengan biaya hidup termahal di dunia.

Seperti dicatat All Women's Talk, survey yang digelar selama periode 2011-2012 ini mencakup biaya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan sandang, pangan, papan, serta biaya lainnya, seperti listrik dan bahan bakar.

Bagi Anda yang hobi travelling, daftar ini dapat dijadikan panduan untuk menentukan anggaran pengeluaran saat berkunjung ke kota-kota dalam daftar ini.

8. Melbourne, Australia

Menurut survey ini, Melbourne menempati posisi paling buncit dalam daftar kota termahal di dunia. Kota Melbourne merupakan salah satu pusat seni dan kebudayaan di Australia yang mampu menarik perhatian para wisatawan serta seniman dari mancanegara. Angka pariwisata yang tinggi harus dibayar mahal dengan biaya hidup yang selangit. Mulai dari bahan bakar, makanan, dan kebutuhan lainnya, membuat Melbourne menjadi salah satu kota termahal di dunia.

7. Sydney, Australia

Rupanya Melbourne bukan satu-satunya kota dengan biaya hidup tinggi di negeri kanguru ini. Hampir sama seperti Melbourne, tingginya biaya hidup di Sydney juga dipicu oleh kesuksesannya menggaet wisatawan, terutama yang berkunjung ke objek wisata yang menjadi ciri khas kota ini, yaitu Sydney Opera House dan Harbor Bridge. Saking mahalnya biaya hidup di Sydney, konon harga sebungkus roti daging bisa dua kali lipat dari seliter bensin!

6. Paris, Perancis Paris

merupakan kota pusat mode terkemuka. Sejumlah nama besar di bidang fashion terlahir dari kota yang menjadi lokasi berdirinya menara Eiffel ini. Sebagai kota wisata, diperlukan anggaran lebih untuk bervakansi ke kota Paris. Warga Perancis paham betul seberapa tingginya biaya hidup di Paris, sehingga banyak yang memilih untuk hijrah ke kota lain.

5. Oslo, Norwegia

Jika Anda bekerja di Oslo, Anda boleh bangga karena kota ini tercatat sebagai salah satu kota dengan gaji pekerja terbesar di Eropa. Namun semakin tinggi penghasilan warganya, semakin meroket pula biaya hidupnya.

4. Osaka, Jepang

Sebagai kota terbesar ketiga di negeri sakura, Osaka memiliki standar biaya hidup yang tinggi. Di antaranya untuk biaya pengobatan, belanja busana, hingga bahan makanan. Fakta ini didukung oleh hasil pengamatan lembaga survey Xpatulator yang menyebutkan harga rokok dan minuman beralkohol di kota ini mahalnya minta ampun.

3. Jenewa, Swiss

Kota Jenewa terkenal akan produksi coklatnya serta lokasi wisata olahraga ski. Kota ini kerapkali menjadi tempat persinggahan para kaum elite yang ingin menikmati waktu liburan di resor ski. Menjadi pusat berkupulnya para kaum jetset, membuat biaya hidup di Jenewa menjadi cukup mencekik kantong. Faktanya, 70% warga Jenewa lebih memilih untuk menyewa rumah ketimbang membelinya, karena harga jual rumah yang semakin melambung.

2. Tokyo, Jepang

Kota lain di Jepang yang termasuk dalam daftar ini ialah Tokyo. Harga hunian di kota ini tercatat paling tinggi di seantero Jepang. Dibutuhkan budget yang cukup tinggi untuk menyewa sebuah kamar apartemen berukuran mungil. Tarif sambungan telepon, listrik, dan gas di ibukota Jepang ini begitu tinggi.

1. Zurich, Swiss

Inilah kota yang menempati posisi nomor wahid dalam daftar kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Penyebabnya diduga karena bank di Zurich menjadi pusat penyimpanan harta para milyarder dunia. Zurich juga memiliki biaya hunian dan medis yang begitu tinggi.

(rere/gur)